Home
Berita
Pembukaan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri ICT-UMI Medan oleh BNSP dan LSP Informatika

Pembukaan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri ICT-UMI Medan oleh BNSP dan LSP Informatika

21 December 2018

Universitas Methodist Indonesia (UMI) menjadi tempat uji kompetensi (TUK) Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK (Information and Communication Technologies / ICT) pertama di Sumatera Utara setelah mendapat verifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika Jakarta. TUK ICT UMI Medan resmi beroperasi setelah mendapat pengakuan untuk melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Teknis ICT Project Manager, Selasa (18/12/2018). 

TUK ICT UMI Medan di lantai III Kampus I Jalan Hang Tuah Medan diresmikan langsung oleh Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak didampingi pengurus Yayasan Pendidikan GMI Wilayah I, Wakil Rektor I Jones Simatupang, WR III Jhoni Maslan Hutapea, WR IV Sevendy Napitupulu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM)  Humuntal Rumapea, Dekan Fakultas Sastra Prof Himpun Panggabean, para wakil dekan FIKOM serta Ketua APTIKOM Pusat Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D dari dan Muhaimen,MM,M.Kom,ICT-BNSP dari BNSP maupun LSP Informatika Jakarta.



Acara peresmian diawali dengan doa yang dibawakan oleh Pdt. Lince Silalahi, S.Th, kata-kata sambutan dari Ketua Panitia Edward Rajagukguk, S.Kom, M.Kom yang menyampaikan pelaksanaan acara seminat dan peresmian TUK ICT UMI digelar selama empat hari (18 - 21 Desember 2018) yang diisi dengan kegiatan bimbingan teknis, pelatihan penguatan materi ICT Project Manager (PM) dan diakhiri dengan Uji Kompetensi Skema Programmer, ICT Project Manager dan Network Administrator.

Dilanjutkan dengan laporan hasil verifikasi TUK oleh Ketua LSP Informatika Jakarta Muhaemin, S.Kom. MM. M.Kom yang menyatakan TUK ICT UMI Medan berhak untuk menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hasil verifikasi diserahkan langsung kepada Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak, MM.  Kemudian, Dekan FIKOM Humuntal Rumapea menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti acara pelatihan dan penguatan materi serta uji kompetensi yang berlangsung selama empat hari masih memprioritaskan staf pengajar FIKOM UMI Medan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tim penguji TUK di masa yang akan datang.

"Pelatihan penguatan materi dan uji kompetensi akan dilaksanakan bagi dosen dan pengajar di FIKOM UMI terlebih dahulu, sekaligus mempersiapkan trainer dari kalangan dosen yang bisa memberikan bimbingan kepada mahasiswa kita nantinya," tandas Humuntal Rumapea. Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak, MM menyampaikan bahwa ide untuk membuat TUK ICT ini sebenarnya sudah digagas tahun lalu saat kunjungan ke salah satu universitas di Bandung. Diskusi dengan Ketua APTIKOM Pusat Prof. Zainal Hasibuan juga sudah menyarankan untuk membuka TUK ICT di UMI Medan.

"Rencana tersebut akhirnya bisa kita wujudkan di UMI Medan. Semoga dengan TUK ICT UMI Medan ini semakin banyak lulusan dan tenaga ahli yang sudah mengantongi sertifikasi kompetensi dibidang teknologi dan informasi," kata Pantas Simanjuntak. Ketua APTIKOM Pusat Prof. Ir. Zainal. Hasibuan MLS, Ph.D menyampaikan bahwa TUK ICT UMI Medan menjadi tempat pelaksanaan uji kompetensi bidang teknologi dan informasi pertama di Sumatera Utara. 

"Harapan kita dengan semakin banyaknya SDM kita yang memiliki kompetensi bidang teknologi dan informasi, kita harapkan akan bisa bersaing dalam memperoleh lapangan kerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Prof Zainal Hasibuan membawakan materi berjudul " Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi yang Kompetitif di Era Digital dan Industri 4.0" yang disesuaikan dengan tema yang diusung pelaksanaan seminar dan peresmian TUK ICT UMI Medan. Hadir dalam kesempatan itu mewakili Ketua Yayasan Pendidikan GMI Wilayah I, para dosen dan mahasiswa Fikom UMI Medan.

 
informasi lengkap dapa dilihat pada :

https://www.youtube.com/watch?v=7iDDEDVaQKY&feature=youtu.be