Home
Content
Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran


Fakultas Kedokteran




Fakultas Kedokteran  UMI saat ini  mengelola program studi Kedokteran Umum dan Profesi Dokter dengan status TERAKREDITASI. Program studi ini  dirancang untuk mendidik  mahasiswa  menjadi tenaga professional di bidang kedokteran.  Lulusan program ini nantinya siap untuk mengembangkan dan memanfaatkan pengetahuan,  keahlian professional maupun personal dalam dunia kedokteran  maupun pendidikan. Untuk sampai pada tahap penyelesaian Profesi Dokter total SKS yang harus diselesaikan sebanyak 195 SKS, dengan ketentuan : Sarjana Kedokteran 155 SKS ditambah 40 SKS Kepaniteraan Kllinik Junior (KKJ) dan Kepaniteraan Klinik Senior (KKS).

Sejak Tahun Akademik 2006/2007, Fakultas Kedokteran menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (standar Internasional). Kurikulum semacam ini juga diterapkan di Maastricht Faculty Of Medicine (Belanda), Brown Faculty Of Medicine (USA). 

Metode belajar-mengajar yang diterapkan adalah Belajar Mandiri Terarah (Seven Jumps - Problem based Learning), Kuliah Pakar, Latihan Keterampilan Medik (Skill laboratory Practice), Pengalaman Belajar Lapangan, dan Praktikum terintegrasi.

Untuk mendukung kemampuan tersebut mahasiswa diarahkan  pada pemecahan kasus – kasus dengan  pemahaman  pada metode yang benar. Pada saat ini Universitas Methodist Indonesia telah mendirikan RSU Pendidikan Methodist Susanna  Wesley yang terletak di  Jl. Setiabudi Pasar II yang jaraknya berdekatan  dengan Kampus II Tanjung Sari.  Rumah Sakit ini nantinya diharapkan akan  mendukung mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya untuk dapat langsung berinteraksi dengan pasien.

VISI

Menjadi Fakultas Kedokteran yang profesional dan mandiri dalam bidang penyakit infeksi, berkarakter iman dan etika, dan bereputasi pada tingkat global pada tahun 2035

MISI

1) Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berkualitas untuk menghasilkan dokter yang memiliki keunggulan pada penyakit infeksi
2) Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang mandiri, akuntable dan profesional

TUJUAN

1) Menghasilkan lulusan dokter yang mampu bekerja secara profesional di institusi pelayanan kesehatan dan unggul dalam bidang penyakit infeksi, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

2) Diwujudkannya institusi pendidikan kedokteran yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang diakui secara nasional dan internasional 

3) Diwujudkannya pengelolaan pendidikan yang berkualitas dan dinamis



Road Map FK UMI Menuju Visi 2035

 VISI PRODI PENDIDIKAN DOKTER

Menjadi Prodi Pendidikan Dokter yang profesional dan mandiri dalam bidang penyakit infeksi, berkarakter iman dan etika, dan bereputasi pada tingkat global pada tahun 2035. 


Untuk memperjelas makna visi tersebut, maka beberapa definisi mengenai istilah yang ada dalam Visi disampaikan berikut ini.

Profesional dalam bidang penyakit infeksi: satu keahlian yang menjadi fokus utama (dalam penyelenggaraan Tridarma) dimana FK UMI diharapkan mampu memberikan pembeda sekaligus penanda FK UMI

Mandiri: kelak FK UMI dan Prodi Pendidikan Dokter akan melibatkan seluruh pihak untuk dapat bekerjasama dan memberikan kontribusi yang sesuai dengan kapasitas masingmasing sehingga FK UMI dapat mandiri secara finansial maupun academic.

Berkarakter iman dan etika: memberikan ruang yang terbuka kepada seluruh pemeluk agama dan memfasilitasi upaya peningkatan iman dan etika tersebut karena FK UMI memandang meskipun di masa depan globalisasi dan teknologi akan menguat perannya, profesi sebagai seorang dokter tetap memiliki ruang yang tak tergantikan oleh apapun.

Bereputasi pada tingkat global: dalam hal prestasi, pengakuan dan kiprah yang pada tahap ini digagas pada level Asia Tenggara (regional)

Untuk mewujudkan visi tersebut maka gambaran tahapan pencapaiannya adalah sebagai berikut:

MISI PRODI PENDIDIKAN DOKTER

1) Menyelenggarakan pendidikan dokter yang menghasilkan alumni yang profesional dalam penyakit infeksi dan berkarakter

2) Menyelenggarakan pendidikan dokter yang berkualitas, bermutu dan berorientasi global 

3) Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada kepentingan masyarakat

TUJUAN :
1) Diwujudkannya lulusan dokter yang mampu bekerja secara profesional di institusi pelayanan kesehatan serta unggul dalam bidang penyakit infeksi, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 
2) Diwujudkannya institusi pendidikan kedokteran yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran bermutu dan diakui secara global
3) Diwujudkannya penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang diakui secara nasional dan internasional
4) Diwujudkannya pengelolaan pendidikan dokter yang bermutu  



SARANA DAN PRASARANA

 

  • Gedung perkuliahan  milik sendiri  dilengkapi AC
  • Perkuliahan menggunakan sarana Multimedia Projector
  • Koleksi buku / referensi perpustakaan lengkap dan nyaman
  • Laboratorium Komputer,  Skill Lab, Ruang Tutorial dan jaringan internet ( free WIFI ) 24 jam
  • Laboratorium Fisika , Biologi, Kimia, Histologi, Bio Kimia, Farmasi, Microbiologi
  • Fasilitas beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, antara lain Beasiswa Anugerah dan PEMAPRES
  • Rumah Sakit Pendidikan ( Teaching Hospital )  RS Susanna Wesley, RS Pringadi Medan, RSU Lubuk Pakam, RSU Kisaran, RSU Pematang Siantar, RS Jiwa Medan, dan RSU RumKitDAM I

 


 Motto :

 

ICE = Integrity, Care, Excellence