PMB Simak UMI Download

Detail Berita

Ferizal Ramli (Konsultan SAP di Hamburg Jerman) : Kaum muda Mahasiswa FIKOM UMI harus siap menghadapi Era Industri 4.0)

10 July 2020


Ferizal Ramli (Konsultan SAP di Hamburg Jerman) : Kaum muda Mahasiswa FIKOM UMI harus siap menghadapi Era Industri 4.0)
Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Methodist Indonesia (UMI) mendidik mahasiswanya dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru yang mumpuni untuk masa depannya. Digitalisasi, Internet of Things dan Networking terlebih lagi Artificial Intelligence menjadi visi FIKOM UMI agar mahasiswa UMI dibekali oleh skill set penting tsb. Oleh karena itu, UMI bekerja sama dengan para pakar dan praktisi termasuk praktisi internasional untuk melakukan transfer pengalaman dan best practice ke mahasiswa.

Fikom UMI menyelenggarakan "Tech Talk Session 1" dalam bentuk webinar untuk menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja yang siap menghadapi industri 4.0 dengan mengusung tema “Profesional IT dan Business Solution: Trend dan Peluang di Dalam Negeri dan “Go Global”. Acara yang diadakan dalam bentuk Webinar ini menggunakan fasilitas zoom dan diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Juli 2020.

Dalam Webinar tersebut bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Ferizal Ramli, beliau adalah Expatriat Principal Consultant untuk software SAP. Beliau saat ini tinggal di Jerman tepatnya dikota Hamburg. Kompetensi utama Ferizal Ramli adalah Accounting Concepts: US GAAP, IFRS dan HGB; Business Process Design, SAP Financial Moduls, Business Intelligent dan Business Analytics. Beliau juga mantan Ketua Umum IASI (Ikatan Ahli Sarjana Indonesia Jerman) yang merupakan organisasi Diaspora yang didirikan bapak Prof. Dr. BJ Habibie.

Acara webinar tepat dimulai pukul 14.00 Wib dan yang bertindak sebagai host adalah Bpk Ir. Suryanto Sitepu, MT. Host menyampaikan jumlah peserta yang mendaftar pada acara webinar sebanyak 486 peserta yang terdiri dari siswa siswi SMA/SMK, mahasiswa dari Fikom UMI maupun program studi lainnya dan masyarakat umum. UMI sengaja mengajak para siswa-siswa SMA/SMK agar mereka juga bisa memahami tantangan kemajuan teknologi di masa depan dimana UMI terus-menerus menyiapkan bekal untuk generasi muda.

Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari Dekan Fikom UMI Bpk. Naikson Saragih,ST.,M.Kom yang mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Ferizal Ramli yang bertindak sebagai pembicara di Fikom UMI Tech Talk Session 1 untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada seluruh peserta. Beliau juga yakin seluruh peserta akan mendapat banyak manfaat dari paparan yang akan disampaikan oleh Ferizal Ramli. Pak Dekan juga menjelaskan bahwa kerja sama antara UMI dengan para pakar internasional dan industrial menjadi tradisi akademik UMI.

Selanjutnya adalah kata sambutan dari Rektor Universitas Methodist Indonesia Bapak Drs. Humuntal Rumapea, M. Kom yang sekaligus dengan resmi membuka acara Fikom UMI Tech Talk. Dalam kata sambutanya Rektor mengatakan bahwa acara ini adalah salah satu wujud tridarma perguruan tinggi. Rektor berharap acara ini dapat digunakan sebagai media dalam penyampaian informasi dan pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan apa yang di instruksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim, yaitu kampus Merdeka.

Acara selanjutnya di moderatori oleh Sri Agustina Rumapea, S.Kom.,MT salah satu dosen Prodi. Sistem Informasi Fikom UMI yang saat ini sedang melanjutkan S3 di Teknik Informatika ITB. Sedangkan bertindak sebagai panelist yaitu Bapak Wakil Dekan 1 Indra Sarkis Simamora,ST.,M.Kom dan Kepala Program Studi Teknik Informatika yaitu Indra Kelana, ST.,M.Kom.

Pada awal paparannya Bapak Ferizal Ramli dibuka dengan sebuah pesan bagi kaum muda untuk siap menghadapi tantangan industri 4.0, dengan sikap mental yang (1) membudayakan untuk membaca. (2) Menguasai IT secara mendalam, dengan menerapkan filosofi T secara horizontal memiliki pengetahuan yang luas, dan garis kebawah menunjukkan kedalaman pengetahuan yang harus dikuasai secara baik. (3) jangan hanya berhenti pada gagasan, tetapi harus diimplementasikan. Karena gagasan itu murah yang mahal adalah implementasinya. (4) gunakan mindset IT, generasi muda harus mampu secara cepat mendapatkan informasi yang baik menggunakan teknologi informasi.

Ferizal Ramli juga berpesan kepada generasi muda untuk mampu menggunakan teknologi informasi secara baik dan mendalam sehingga mampu bersaing dan pada akhirnya dapat menghasilkan yang namanya inovasi.

Pada akhir acara, dalam closing statement yang disampaikan Ferizal Ramli menjelaskan bahwa beda kita dengan orang sukses itu hanya satu kalimat yaitu never give up. Generasi muda harus pantang menyerah. Jika punya mimpi, tulis mimpi itu dalam sebuah rencana, kemudian laksanakan. Jangan menyerah ditengah jalan dalam mencapai mimpi tersebut dan laksanakan sampai berhasil.

Dalam acara seminar ini juga panitia menyediakan sertifikat elektronik bagi peserta dan doorprize hasil kerjasama dengan Bank BRI. (Sri Agustina , 2020)

Berita Terbaru

Kegiatan Terbaru

11
Jan 2015

Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali

The 5th Congress of the Asian AVA
08
Apr 2014
25
Jan 2014

Universitas Methodist Indonesia - Kampus 1

Gerakan "Kampus Bersih & Kampusku Indah"